Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih STIP Mujahidin Tolitoli



Hallo ..!! Apa kabar ?
Semoga kawan-kawan semua sehat ya. Oh ya, pertama-tama admin menyampaikan permohonan maaf karena baru sempat update info lagi di blog ini. Begitu banyak informasi yang tidak sempat admin update seputar Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Mujahidin Tolitoli. Tak lupa pada kesempatan ini admin juga ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1439 H buat kawan-kawan muslim yang menjalankannya, semoga amal ibadah kita diterima di sisi Allah SWT. Aamiin ya robbal alamin.

Baiklah, tak perlu berpanjang lebar lagi. Kali ini admin akan memberikan informasi menarik terkait penerimaan mahasiswa baru STIP Mujahidin Tolitoli tahun 2018.

Kita tahu bahwa pengumuman kelulusan SMA/sederajat sudah berlalu dan pastinya kawan-kawan yang baru saja lulus ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Nah kali ini admin ingin menyampaikan bahwa STIP juga sudah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru loh.

Tentunya kalian penasaran dengan STIP dan kenapa harus STIP. Berikut mimin kasih tau ya, Cekidot !!

Kenapa harus STIP ??

Hayo, siapa yang saat ini belum kenal STIP ? belum pernah dengan nama STIP ? berarti kalian ketinggalan zaman. Heheee..

STIP itu perguruan tinggi pertama di Kabupaten Tolitoli, didirikan pada 23 November 1993. Hingga saat ini STIP telah mencetak ribuan sarjana pertanian dan peternakan yang tersebar di berbagai instansi pemerintahan, swasta, dan tidak sedikit yang menjadi wirausaha sukses. Sebut saja manager peternakan CV. Gunung Sojol, peternakan ayam ras petelur dan broiler di wilayah Kabinuang, itu alumni STIP loh.

Para penyuluh dan pegawai di dinas pertanian, peternakan, dan ketahanan pangan misalnya, juga banyak alumni STIP, termasuk di perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan seperti cengkeh dan kelapa sawit sebut saja CV. Tolis Prima dan PT. Hardaya Inti Plantation (HIP) atau yang lebih kita kenal dengan CCM di Buol, juga banyak alumni STIP disana. Bahkan, yang menariknya nih alumni STIP juga banyak yang bekerja lintas sektoral. sebut saja di dunia perbankan seperti BRI, ada yang jadi fasilitator, pendamping pemberdayaan, bahkan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (PANWASLU) Kabupaten Tolitoli saat ini adalah alumni STIP, namanya Fajar Syadik, S.Pt., M.Si. Kawan-kawan pasti bertanya, Kok bisa ? ya bisalah, STIP. :)

Itu adalah sedikit contoh mengenai sebaran alumni dan bisa dibilang tingkat keterserapan lapangan kerja bagi para alumni STIP yang sangat tinggi. Tentunya hal ini merupakan suatu kebanggan tersendiri buat kami setidaknya turut serta dalam memberikan andil perkembangan sektor pertanian, peternakan, perkembangan Kabupaten Tolitoli secara umum.

Oh ya, terkait alumni kami yang bekerja lintas sektoral tadi, sampai ada yang bisa jadi pegawai bank, Pengawas Pemilu, fasilitator, pendamping desa, dan sebagainya, tentunya ini menjadi pertanyaan buat kawan-kawan. Baiklah, nih mimin kasih tau.

Jadi gini, di STIP itu kita tidak hanya semata-mata mempelajari pertanian ataupun peternakan saja, tapi juga kemampuan manajerial, kepemimpinan, karakter, dan kewirausahaan juga menjadi fokus kami dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global.

Di STIP sendiri terdapat 3 program studi, yakni: 1) Agribisnis, 2) Agroteknologi, dan 3) Peternakan. Agribisnis ini adalah program studi (prodi) yang fokus keilmuannya pada bidang sosial ekonomi pertanian. Jadi, yang berkaitan dengan analisis usaha pertanian, studi kelayakan usaha, strategi pengembangan usaha, dan sebagainya lebih didalami di prodi ini. Tapi bukan berarti di prodi Agroteknologi dan Peternakan tidak mempelajari ini loh ya, dipelajari juga tapi kajiannya tidak sedalam di prodi agribisni. Jadi jangan heran kalo ada Sarjana Pertanian (S.P) lulusan STIP yang bekerja di dunia perbankan. Keren kan ?!

Yang kedua adalah prodi agroteknologi. Nah kalo prodi ini fokus keilmuannya itu lebih diarahkan pada teknik budidaya pertanian. Mulai dari ilmu tanah, hama dan penyakit, benih dan bibit, manejemen pemeliharaan, dan sebagainya di dalami disini. Eh tapi jangan pikir prodi ini hanya berurusan dengan, tanah, padi, dan sawah loh ya. Kalian mungkin tidak tahu atau belum pernah dengar kalo di STIP itu sudah berhasil dikembangkan teknologi pertanian yang namanya Bioteknologi Pertanian. Dosen dan peneliti kita sudah berhasil mengembangkan kultur cengkeh hingga menjadi bibit hanya dari daun loh. Belum lagi teknik pertanian lainnya seperti teknik hidroponik. Kalian tahu kan, itu loh yang bisa membudidayakan tanaman tanpa media tanah. Bisa ? ya bisa, dan masih banyak lagi deh. Gimana ? gak kalah keren kan ?!

Nah prodi yang ketiga ini tidak kalah kerennya. Kalo tadi itu lulusannya jadi sarjana pertanian (S.P), yang terakhir ini lulusannya bergelar sarjana peternakan (S.Pt). Prodi peternakan ini fokus kajiannya pada ilmu-ilmu peternakan. Mulai dari budidaya peternakan, manajemen, reproduksi, pakan, pengolahan hasil, teknologi peternakan, dan sebagainya yang berhubungan dengan peternakan dipelajari di prodi ini. Sebut saja bagaimana meramu pakan untuk ternak agar pertumbuhan dan produksinya meningkat, semua itu dipelajari di prodi ini. Belum lagi pemanfaatan teknologi peternakan, misalnya Inseminasi Buatan dimana kita dapat mengawinkan ternak tanpa harus melibatkan pejantan. Kamu juga pasti penasaran bagaimana caranya agar ternak sapi misalnya, bobot badannya bisa dinaikkan 1 kg atau bahkan 2 kg setiap hari, semua itu dipelajari di prodi ini. So, kurang apa coba. Yuk gabung !!

Nah sudah dapat gambaran kan mengenai prodi yang ada di STIP ? dan yang tidak kalah pentingnya adalah semua prodi di STIP ini Telah ter- AKREDITASI oleh BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI loh. Jadi tidak ada keraguan di dalamnya. :)

Disamping itu, yang tidak kalah pentingnya yang ingin mimin sampaikan, bahwasannya kalian jangan mengira bahwa di STIP itu kegiatannya semata-mata hanya kuliah. Di STIP kalian tidak hanya kuliah, tapi juga praktikum sehingga keterserapan bahan kajian yang dipelajari lebih cepat.

Untuk kamu yang suka berorganisasi, di STIP-lah tempatnya. Kenapa ? iya karena kita menyediakan dan bahkan mendukung setiap aktivitas kemahasiswaan yang ada, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan dan statuta perguruan tinggi. Kenapa harus demikian, karena kami menadari bahwa kemampuan organisasi adalah soft skill yang sangat penting harus dimiliki setiap lulusan agar mampu bersaing di tengah persaingan dan perkembangan global. Oleh karena itu, STIP sangat mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, bahkan untuk unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang wirausaha bisa mendapatkan akses bantuan dana loh.

Masih banyak lagi unit kegiatan mahasiwa yang bisa kamu ikuti, diantaranya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang seni (Umbasan Dolago), serta himpunan mahasiswa di setiap prodi (HIMAGRIS, HIMAGRO, dan HIMATER) yang bisa kalian ikuti. So, kuliahnya gak membosankan.

BEASISWA

Nah terakhir nih untuk sementara yang mimin mau sampaikan, yakni beasiswa.
Beasiswa tentunya menjadi hal yang paling dicari (mungkin) untuk para pelajar maupun mahasiswa. Berikut Beberapa beasiswa yang disediakan di STIP Mujahidin Tolitoli:

1. Beasiswa PPA
Beasiswa ini tersedia buat kamu yang punya prestasi akademik yang baik. So, buat yang berminat dapatkan beasiswa ini harus punya nilai bagus loh ya. Nominalnya lumayan besar loh, lumayan buat bayar SPP, buat beli buku, dan perlengkapan lainnya. Oh ya, biaya hidup juga tercover melalui beasiswa ini.

2. Beasiswa Bantuan Belajar Mengajar
Kalo yang ini hampir sama dengan beasiswa PPA hanya saja kayanya nilainya yang berbeda.

3. Beasiswa Bidikmisi
Beasiswa yang satu ini jangan ditanya lagi, pastinya di STIP juga menyediakan beasiswa Bidikmisi dan kamu bisa mengaksesnya.

4. Beasiswa Alumni
Untuk beasiswa alumni merupakan program beasiswa yang diinisiasi di Prodi Peternakan. Jadi beasiswa ini tu adalah program alumni prodi peternakan STIP untuk memberikan beasiswa buat mahasiswa peternakan. Jadi buat mahasiswa peternakan bisa mengakses beasiswa ini.

Baiklah kawan-kawan, untuk sementara demikian yang dapat mimin bagikan. Semoga bermanfaat dan untuk kalian ingin mengenal STIP lebih jauh tak usah ragu untuk menghubungi kami.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa dapat menghubungi:

WA/SMS: 0852-7202-1047 (Henrik)
                 0852-4116-1978 (Iin)

Comments

Popular posts from this blog

Keren !! Delapan Orang Dosen STIP Mendapat Hibah Penelitian DIKTI Tahun 2018

Visi Misi STIP Mujahidin Tolitoli